Materi Dakwah Singkat tentang ISRA MIRAJ Nabi Muhammad SAW | Hakikat Sholat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 alhamdulillahirobbilalamin wassalatu wassalamu ala asrofil Anbiya wal mursalin.


 puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi robbi yang mana atas kontrol dan irodat nya kita semua bisa berkumpul dalam haflah yang barokah
 tidak lupa juga Shalawat beserta salam Semoga tetap tercurah dan terlimpah kepada Baginda alam yakni nabi besar muhammad shallallahu alaihi wasallam tidak lupa juga kepada para sahabatnya para keluarganya tabiin dan tabiat nya mudah-mudahan sampai kepada kita semua selaku umatnya amin ya robbal alamin.

ISRA MI'RAJ RAJABAN
Menceritakan isra mi'raj


 saudara hadirin rohimakumullah

Setiap dari kita semua selaku umat muslim telah diwajibkan untuk melaksanakan salat,  Ada apa dengan sholat?  sering ibu dan bapak melaksanakan salat? Apalagi bulan Rajab yang sekarang ini merupakan suatu momen di mana ulang tahun salat telah diadakan. peringatan seperti inilah yang harus dijadikan rasa syukur di mana kita termasuk menjadi orang orang yang percaya akan peristiwa terjadinya Isra dan Mikraj Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

 peristiwa yang tidak asing lagi juga peristiwa yang merupakan sebuah sejarah yang fenomenal terjadi di kalangan umat Islam.  perjalanan yang ditempuh hanya dengan sepertiga malam tidak akan diterima oleh pemikiran akal dikarenakan perjalanan itu biasanya ditempuh dalam jarak 2 bulan jika berjalan kaki. sungguh fenomena yang luar biasa di mana sosok pemimpin Islam diperjalankan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.  perlu kita ketahui saking luar biasanya peristiwa Isra Mi'raj tiga alam langsung ditembus oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.  alam mana saja?

 Pertama,  ada yang disebut alam nasut,  alam nasut ini adalah alam kemanusiaan di mana sekarang kita hidup ini yang dinamakan alam nasut. dari mana peristiwa Isra Mi'raj di bagian alam nasut? ya itu dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

 kedua ada yang dinamakan alam malakut. Apa yang disebut alam malakut? yaitu alamnya para malaikat manusia sudah tidak bisa menembus alam malaikat. dari mana peristiwa Isra Mi'raj bagian alam malakut? yaitu dari Masjidil Aqsa ke langit ke-7.

 ketiga ada yang disebut alam lahut. apa alam lahut? yaitu alam ketuhanan. bukan berarti Allah mempunyai tempat tapi malaikat dan manusia sudah tidak bisa menembus pada alam LaHut.  dari mana peristiwa alam lahut terjadi? yaitu dari langit ke tujuh ke sidratul muntaha.
 Coba kita pikirkan bagaimana akal bisa menerima peristiwa yang sangat luar biasa? yang tidak bisa dilakukan oleh hamba yang biasa, tidak bisa dilakukan oleh hamba yang durhaka, hanya hamba yang terpilih dan menjadi pilihan yang bisa melakukannya.

 luar biasa bukan kejadian Isra Mi'raj ini?

 Mari sejenak Kita Renungkan hanyalah keimanan yang bisa menerima kejadian Isra dan Mi'raj ini. bahkan setelah peristiwa ini Rasulullah memberitahukan kepada orang-orang Mekkah mereka tidak mempercayainya kecuali yang pertama kali percaya yaitu Abu Bakar. makanya beliau diberikan gelar yang bernama As Siddiq artinya orang yang membenarkan.

Sekarang apa yang ha dan apa yang harus kita  realisasi dan apa yang harus kita perbaiki lewat peringatan Isra Mikraj ini Mari Kita gali Mari kita  introspeksi diri sejauh mana kita bisa merealisasi hikmah dibalik Isra Mikraj ini.

banyak yang ngomong di sini mah udah pada rajin sholat , tukang sholat tidak usah membahas lagi masalah sholat. nama-nama Kyai nggak  di kampung nggak di kota, nggak di masjid besar nggak di masjid kecil,  ada di rumah gedung ada di rumah biasa yang dibicarakan selalu tentang sholat sholat dan sholat.
 itu yang menjadi alasan bahwa saya saat ini harus menjelaskan masalah sholat. dikarenakan  orang di sini masih jadi tukang belum jadi ahli. apakah beda tukang dan ahli? jelas beda  saudara. yang namanya tukang salatnya juga ikut-ikut orang lain, orang lain sholat ikut salat orang lain dengan salat ikut nggak salat itu yang namanya tukang. yang asalnya dari kampung rajin salat datang ke kota nggak  salat sebab orang kota banyak yang tidak sholat. kalau ahli mau dimanapun dan bagaimanapun keadaannya pasti selalu mengerjakan shalat. bahkan yang namanya ahli salatnya juga bukan salat biasa sholat yang memakai  ilmunya. ketika ditanya seseorang tukang  sholat, “ Kenapa kamu salat?” jawabnya” yang lain juga salat, jadi saya ikutan sholat”

 beda lagi nanya kalau ke ahli sholat “ Kenapa Kyai salat?”  jawabnya” karena  sholat adalah ibadah yang paling utama yang harus dilakukan  umat Islam” 


Komentar